Kapan bimbingan dibutuhkan?
Bimbingan dibutuhkan pada saat keputusan untuk menentukan pilihan harus dilaksanakan. (1) bimbingan merupakan bantuan untuk membuat keputusan yang bijaksana mengenai pilihan. Bahkan (2) bila tidak ada pilihan pun bimbingan dapat diperlukan, ialah untuk membantu individu memahami dan menerima situasi tanpa pilihan ini. Dengan kata lain, bimbingan juga membantu seseorang agar dapat bekerja sama dengan sesuatu yang tidak dapat dihindari. (3) bimbingan juga diperlukan pada saat orang tidak sadar bahwa ia mempunyai pilihan lain. Ini adalah pelayanan pemberian informasi untuk menunjukkan berbagai pilihan yang dapat ditempuh. (4) pada saat seseorang berada dalam keadaan yang tidak optimal untuk membuat keputusan dan dapat mempengaruhi sehingga keputusan yang diambil kurang bijak. Bimbingan ini dapat mengarahkan agar perkembangan individu mencapai taraf seoptimal mungkin
Pilihan sering kali dilakukan berdasarkan pengalaman memilih masa lalu, atau terpengaruh pilihan orang lain. Selain itu, keputusan dapat juga dilakukan berdasarkan pengalaman nyata. Ada baiknya bila seorang siswa mempunyai pekerjaan sampingan untuk memperkaya pengalaman misalnya membantu di bengkel atau menjadi pelayan toko pada waktu senggang ataupun libur sekolah.
Berdasarkan pembahasan diatas, dapat menimbulkan pertanyaan “Apakah ada cara lain yang dapat dilakukan siswa dalam menambah pengalaman nya selain mencari pekerjaan diluar sekolah?”
Asumsi sementara saya, terdapat cara lain yang dapat dilakukan siswa dalam menambah pengalaman nya dan dapat membimbing anak dalam kehidupan nya terutama dalam hal pengambilan keputusan. Sekolah perlu lebih peka pada bimbingan yang dapat dilakukan dilingkungan seolah. Salah satu nya mengadakan kegiatan organisasi dan ekstrakurikuler. Sebagai contoh, Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Organisasi ini sebagai wadah untuk menambah pengalaman nyata siswa. Dalam organisasi ini, tentunya siswa mendapat bimbingan dan pengetahuan. Organisasi ini juga melatih siswa untuk membuat keputusan yang terbaik dalam kondisi apapun. Siswa pun mendapat bimbingan yang didapat di lingkungan sekolah itu sendiri.
DAFTAR PUSTAKA :
Sukadji, Soetarlinah. 2000. Psikologi Pendidikan dan Psikologi Sekolah. Depok : Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (L.P.S.P3) Fakultas Psikologi Universitas Indonesia
0 komentar:
Posting Komentar