Nama :
Rosa Mentari Putri
Nim : 101301010
Kelas : XII TKJ 4
Mata Pelajaran :
Penjas
Pengajar : Hermansyah
Waktu Observasi :
Rabu, 5 Desember 2012, pukul 12.10-12.30
Durasi Observasi :
20 Menit
Jumlah Siswa :
21 orang
Media Belajar Guru :
1.
Baju olahraga
2.
Sepatu olahraga
3.
Peluit
4.
Laptop
5.
Speaker
6.
TV
Media Belajar Siswa :
1.
Baju olahraga
2.
Sepatu olahraga
Situasi Fisik Kelas :
1.
Ruang kelas
kira-kira seluas 6x5 m2
2.
4 lampu tabung
panjang, 2 diantaranya dibiarkan hidup pada siang hari tersebut
3.
Kursi dengan
meja untuk siswa ditengah kelas yang tidak tersusun rapi
4.
Meja dan kursi
guru kursi di depan kelas sebelah kanan
5.
Tv LCD digantung
diatas dinding depan kelas
6.
Jam dinding
disamping kiri tv
7.
AC disebelah
kanan tv dalam keadaan hidup
8.
White board
didepan kelas
9.
Kipas angin di gantung
dinding sebelah kiri kelas, dalam keadaan hidup
10. Meja panjang dibelakang kelas, dimana diatas nya
terdapat tas dan helm yang tidak tersusun rapi
11. Keranjang sampah dibelakang kelas
12. Sapu berada di sebelah kiri depan kelas, dimana
tumpukan debu hasil menyapu masih dibiarkan berada disana tanpa dibuang keluar
kelas.
Alat Observasi :
1.
Kertas
2.
Pulpen
3.
Kamera
Sekilas proses berlangsungnya observasi
Pelajaran yang seharusnya dijalani siswa
adalah Pendidikan Jasmani. Setelah siswa setelah mengganti seragam sekolahnya
menjadi baju olahraga, guru memperkenalkan kami sebagai observer. Saya dan
teman saya memperkenalkan diri terlebih dahulu, setelah itu kami
berbincang-bincang tentang hal-hal seputar sekolah, persiapan UN, rencana
siswa, dan beberapa obrolah santai lainnya. Ada seorang siswa yang menanyakan
sebenarnya apa yang akan kami lakukan disekolah mereka. Saya menjawab bahwa
kami disana dalam rangka memenuhi tugas kuliah dan untuk mengobservasi kegiatan
belajar mereka dan meminta mereka untuk bersikap seperti biasanya.
Murid mulai beranjak menuju lapangan
olahraga setelah mendapat perintah dari guru. Namun, ternyata siswa tidak
diperbolehkan oleh guru lain ke lapangan karena akan ada tamu yang memeriksa
sekolah. Sehingga pelajaran terpaksa dilakukan didalam kelas. Sebagi
penggantinya, guru mengajak murid untuk menonton film motivasi yang diputar
didepan kelas.
Tabel 5.7 untuk Observasi
Deskripsi
|
Tahapan
Belajar
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Persiapan
belajar
|
1. Mengarahkan perhatian
|
Guru menyuruh
siswa untuk pergi kelapangan, namun terdapat perubahan stimulus dikarenakan
lapangan sedang diperiksa oleh tamu, sehingga guru menyemangati siswa dengan
mengatakan bahwa mereka akan menonton film dengan nada yang ceria
|
2. Ekspektasi
|
Guru tidak
memberi tahu film apa yang ditonton dan membiarkan siswa langsung menontonnya
|
|
3. Retrieval
|
Karena ini
keadaan yang tidak terduga, sehingga sebelumnya belum ada informasi atau
ingatan.
|
|
Akuisi dan
kinerja
|
4. Persepsi selektif atas ciri stimulus
|
Guru
menyiapkan stimulus berupa film motivasi yang belum ditonton oleh siswa
sebelumnya
|
5. Penyandian semantik
|
Guru tidak
memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai pesan moral dari film.
|
|
6. Retrieval dan respons
|
Tidak ada
pembahasan lebih lanjut tentang film yang disaksikan
|
|
7. Penguatan
|
Tidak ada
penguatan
|
|
Transfer
belajar
|
8. Pemberian petunjuk retrieval
|
Tidak ada
petunjuk retrieval
|
9. Generalisasi
|
Tidak ada
pembahasan lebih lanjut tentang film. Ketika film berakhir guru hanya diam,
dan terlihat sibuk dengan laptopnya, lalu film kedua ditayangkan
|
Tabel 5.2 untuk Analisa
Kategori
Belajar
|
Kapabilitas
|
Hasil
Observasi
|
Informasi
verbal
|
Pengambilan
informasi yang tersimpan
|
Guru tidak
memberikan lebih lanjut mengenai film yang akan ditonton, guru membiarkan
siswa untuk menonton dan mengambil pesan moral.
|
Keterampilan
intelektual
|
Operasi mental
yang memungkinkan individu untuk merespons konseptualisasi lingkungan
|
Siswa
menggunakan intelektualnya untuk mengintegrasikan antara gambar, suara, dan
tulisan yang ada di film.
|
Strategi
kognitif
|
Proses kontrol
pelaksana yang mengatur pemikiran dan belajar dari pemelajar
|
Siswa yang
menonton film, menggunakan kognitifnya untuk dapat mencerna dan menyaring
pesan moral yang ada
|
Keterampilan
motorik
|
Kapabilitas
dan rencana eksekutif untuk emlakukan sekuensi gerakan fisik
|
Pelajaran
Penjas yang harusnya melatih keterampilan motorik terpaksa tidak dijalankan
karena lapangan olahraga yang tidak dapat dipakai
|
Sikap
|
Predisposisi
ke tindakan positif atau negatif terhadap orang, objek, atau peristiwa
|
Sebagai pengganti
olahraga, guru mengajak siswa untuk menonton film motivasi yang memiliki
pesan moral
|
0 komentar:
Posting Komentar