Minggu, 09 Desember 2012

Tugas Observasi


Nama                           : Rosa Mentari Putri
Nim                             : 101301010
Kelas                           : XII TKJ 4
Mata Pelajaran            : Penjas
Pengajar                      : Hermansyah
Waktu Observasi         : Rabu, 5 Desember 2012, pukul 12.10-12.30
Durasi Observasi         : 20 Menit
Jumlah Siswa               : 21 orang

Media Belajar Guru    :
1.      Baju olahraga
2.      Sepatu olahraga
3.      Peluit
4.      Laptop
5.      Speaker
6.      TV

Media Belajar Siswa   :
1.      Baju olahraga
2.      Sepatu olahraga



Situasi Fisik Kelas       :
1.      Ruang kelas kira-kira seluas 6x5 m2
2.      4 lampu tabung panjang, 2 diantaranya dibiarkan hidup pada siang hari tersebut
3.      Kursi dengan meja untuk siswa ditengah kelas yang tidak tersusun rapi
4.      Meja dan kursi guru kursi di depan kelas sebelah kanan
5.      Tv LCD digantung diatas dinding depan kelas
6.      Jam dinding disamping kiri tv
7.      AC disebelah kanan tv dalam keadaan hidup
8.      White board didepan kelas
9.      Kipas angin di gantung dinding sebelah kiri kelas, dalam keadaan hidup
10.  Meja panjang dibelakang kelas, dimana diatas nya terdapat tas dan helm yang tidak tersusun rapi
11.  Keranjang sampah dibelakang kelas
12.  Sapu berada di sebelah kiri depan kelas, dimana tumpukan debu hasil menyapu masih dibiarkan berada disana tanpa dibuang keluar kelas.

Alat Observasi            :
1.      Kertas
2.      Pulpen
3.      Kamera

Sekilas proses berlangsungnya observasi

Pelajaran yang seharusnya dijalani siswa adalah Pendidikan Jasmani. Setelah siswa setelah mengganti seragam sekolahnya menjadi baju olahraga, guru memperkenalkan kami sebagai observer. Saya dan teman saya memperkenalkan diri terlebih dahulu, setelah itu kami berbincang-bincang tentang hal-hal seputar sekolah, persiapan UN, rencana siswa, dan beberapa obrolah santai lainnya. Ada seorang siswa yang menanyakan sebenarnya apa yang akan kami lakukan disekolah mereka. Saya menjawab bahwa kami disana dalam rangka memenuhi tugas kuliah dan untuk mengobservasi kegiatan belajar mereka dan meminta mereka untuk bersikap seperti biasanya.
Murid mulai beranjak menuju lapangan olahraga setelah mendapat perintah dari guru. Namun, ternyata siswa tidak diperbolehkan oleh guru lain ke lapangan karena akan ada tamu yang memeriksa sekolah. Sehingga pelajaran terpaksa dilakukan didalam kelas. Sebagi penggantinya, guru mengajak murid untuk menonton film motivasi yang diputar didepan kelas.

 
Tabel 5.7 untuk Observasi

Deskripsi
Tahapan Belajar
Kegiatan Pembelajaran
Persiapan belajar
1.      Mengarahkan perhatian
Guru menyuruh siswa untuk pergi kelapangan, namun terdapat perubahan stimulus dikarenakan lapangan sedang diperiksa oleh tamu, sehingga guru menyemangati siswa dengan mengatakan bahwa mereka akan menonton film dengan nada yang ceria
2.      Ekspektasi
Guru tidak memberi tahu film apa yang ditonton dan membiarkan siswa langsung menontonnya
3.      Retrieval
Karena ini keadaan yang tidak terduga, sehingga sebelumnya belum ada informasi atau ingatan.
Akuisi dan kinerja
4.      Persepsi selektif atas ciri stimulus
Guru menyiapkan stimulus berupa film motivasi yang belum ditonton oleh siswa sebelumnya
5.      Penyandian semantik
Guru tidak memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai pesan moral dari film.
6.      Retrieval dan respons
Tidak ada pembahasan lebih lanjut tentang film yang disaksikan
7.      Penguatan
Tidak ada penguatan
Transfer belajar
8.      Pemberian petunjuk retrieval
Tidak ada petunjuk retrieval
9.      Generalisasi
Tidak ada pembahasan lebih lanjut tentang film. Ketika film berakhir guru hanya diam, dan terlihat sibuk dengan laptopnya, lalu film kedua ditayangkan

Tabel 5.2 untuk Analisa

Kategori Belajar
Kapabilitas
Hasil Observasi
Informasi verbal
Pengambilan informasi yang tersimpan
Guru tidak memberikan lebih lanjut mengenai film yang akan ditonton, guru membiarkan siswa untuk menonton dan mengambil pesan moral.
Keterampilan intelektual
Operasi mental yang memungkinkan individu untuk merespons konseptualisasi lingkungan
Siswa menggunakan intelektualnya untuk mengintegrasikan antara gambar, suara, dan tulisan yang ada di film.
Strategi kognitif
Proses kontrol pelaksana yang mengatur pemikiran dan belajar dari pemelajar
Siswa yang menonton film, menggunakan kognitifnya untuk dapat mencerna dan menyaring pesan moral yang ada
Keterampilan motorik
Kapabilitas dan rencana eksekutif untuk emlakukan sekuensi gerakan fisik
Pelajaran Penjas yang harusnya melatih keterampilan motorik terpaksa tidak dijalankan karena lapangan olahraga yang tidak dapat dipakai
Sikap
Predisposisi ke tindakan positif atau negatif terhadap orang, objek, atau peristiwa
Sebagai pengganti olahraga, guru mengajak siswa untuk menonton film motivasi yang memiliki pesan moral
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © Ocha's Blog