Selama
menjalani mata kuliah Psikologi Belajar, terjadi banyak proses pembelajaran.
Proses pembelajaran ini juga tidak hanya dapat terjadi didalam kelas, namun
juga diluar kelas, yaitu melalui pemberian tugas kepada mahasiswa. Tugas yang
diberikan juga bervariasi dan tidak menoton. Blog yang telah dari turun temurun
dilakukan, tetap dilakukan, melihat tugas posting blog ini cukup efektif
dilaksanakan oleh mahasiswa. Selain itu, tugas praktek dan lapangan makin
banyak dilakukan. Misalnya, observasi yang dilakukan ke sekolah, juga sangat
baik dilakukan. Apalagi, Bu Dina turun langsung kelapangan untuk memilih
sekolah, dan mempermudah mahasiswa sehingga tidak perlu mencari sekolah dan
harus berjuang meminta ijin untuk ke sekolah. Untuk tugas UAS ini, saya memilih
untuk membahas tentang dinamika pembelajaran dalam mata kuliah Psikologi
Belajar. Dinamika ini dirangkum dalam beberapa poin, yaitu :
·
Tugas
yang diberikan harus diposting dalam blog mahasiswa
·
Kegiatan
belajar-mengajar didalam kelas
·
Pembelajaran
yang dilakukan melalui blog
Berikut penjelasan dan uraian lebih lanjut mengenai
masing-masing poin. Hal ini akan dirangkum dan dikaitkan dengan beberapa teori
belajar.
·
Tugas
Posting Masing-Masing Mahasiswa
·
Mind
Map
Diawal minggu mulainya pembelajaran
Psikologi Belajar, Bu Dina memberikan tugas kepada mahasiswa untuk membuat mind
map mengenai tokoh-tokoh yang akan dipelajari selama mata kuliah semester 5
ini, beserta pengelompokannya kedalam masing-masing aliran psikologi. Hal ini dapat sangat membantu mahasiswa untuk
mengetahui tentang hal-hal apa saja yang akan ia pelajari selama 1 semester
ini. Sesuai dengan perspektif kognitif, bahwa pemetaan dan ringkasan yang
dibuat akan sangat membantu dalam proses pengkodean dan penyimpanan dalam
memori, serta mempermudah ketika informasi tersebut di-recall.
·
Analisa
Film
Bu
Dina memberitahukan bahwa mahasiswa akan menonton sebuah film yang tentunya
akan ada hubungannya dengan salah satu teori yang dipelajari di mata kuliah
Psikologi Belajar. Bu Dina tidak hanya menyuruh mahasiswa menonton begitu saja,
namun mahasiswa diwajibkan untuk menganalisa mengenai film berdasarkan teori
yang ada sebagai tugas mingguan secara berkelompok yang akan diposting didalam
blog masing-masing anggota kelompok. Hal ini berguna untk melatih kemampuan
analisa mahasiswa. Hal ini juga berkaitan dengan teori Gagne dimana pemrosesan
informasi didapat juga dari pemberian tugas pada mahasiswa.
·
Analisa
Pengalaman Pribadi
Bu
Dina beberapa kali menyuruh mahasiswa untuk menganalisa pengalaman pribadinya
berdasarkan teori yang dipelajari di mata kuliah Psikologi Belajar, yaitu
Skinner dan Gagne. Menganalisa pengalaman sendiri dapat memberikan kebebasan
bagi mahasiswa untuk memilih pengalamannya sendiri dan juga meningkatkan
keinginan mahasiswa untuk mengerjakan tugas.
·
Mencari
dan Membahas Jurnal
Tugas
posting blog selanjutnya adalah mahasiswa diminta untuk mencari sebuah jurnal
secara online dan merangkum dan membahas jurnal tersebut. Disini, mahasiswa
akan merangkum poin-poin penting yang ada didalam jurnal tersebut dan
mempostingnya kedalam masing-masing blog mahasiswa. Hal ini berguna untuk
membuka wawasan mahasiswa terhadap permasalahan-permasalahan yang ada. Selain
itu membuat mahasiswa tidak canggung lagi membaca jurnal secara online.
·
Membuat
Strategi Pembelajaran didalam Kelas
Untuk
tugas sebelum UTS, Bu Dina meminta mahasiswa untuk membuat strategi yang dapat
digunakan kedalam proses pembelajaran. Tugas ini dibuat secara berkelompok dan
akan diposting kedalam masing-masing anggota kelompok. Sebelumnya, Bu Dina juga
memberi tahu bahwa strategi pembelajaran yang telah dibuat akan dipraktekkan
anggota kelompok langsung didalam kelas Psikologi Belajar.
·
Analisa
Permasalahan berdasarkan Teori
Bu
Dina meminta mahasiswa menganalisis kejadian dimana mahasiswa tidak banyak
memberikan tanggapannya seputar dengan posting yang dibuat oleh Bu Dina.
Mahasiswa juga tidak hanya menganalisa sembarangan, namun juga tetap
dihubungkan dengan 3 teori Psikologi Belajar, yaitu Gagne, Piaget, dan Bandura.
Hal ini membantu mahasiswa untuk menganalisa apa yang menyebabkan ini terjadi
dan dapat menghubungkannya dengan teori, selain itu juga dapat menjadi sebuah
teguran agar mahasiswa menginstropeksi diri masing-masing.
·
Kegiatan
Observasi ke Sekolah
Tugas
terakhir yang kami posting kedalam blog adalah tugas observasi. Bu Dina meminta
mahasiswa untuk datang kesekolah yang telah ditentukan oleh Bu Dina dan
mengobservasi mengenai suasana dan kegiatan belajar-mengajar yang ada disekolah
tersebut. Sebelumnya Bu Dina juga mewanti-wanti mahasiswa untuk telah menguasai
teori belajar Gagne, dan meminta mahasiswa untuk
berpegangan pada 2 tabel yang ada didalam bab tersebut. 1 tabel digunakan
selama proses mahasiswa mengobservasi, 1 tabel lainnya digunakan mahasiswa
dalam menganalisa hasil observasinya. Hal ini sesuai dengan teori Gagne, dimana
mahasiswa diberi instruksi untuk mengerjakan suatu tugas dan berpegang pada
teori atau pengetahuan yang ada.
·
Kegiatan
Belajar-Mengajar didalam Kelas
Selain memberikan ceramah, Bu Dina juga sering
mengajar mahasiswa untuk berdiskusi dan bersama-sama menganalisa tentang teori
belajar yang dipelajari dimingu tersebut. Tak jarang, Bu Dina mempraktekkan
teori yang ada, yang tentunya melibatkan mahasiswa didalamnya. Berikut beberapa
praktek yang dilakukan mahasiswa selama kegiatan berlangsung didalam kelas :
·
Menonton
Film Kinky
Boots
Pada
minggu sebelumnya, Bu Dina memberitahukan mahasiswa bahwa untuk kegiatan
pembelajaran diminggu depan, mahasiswa akan menonton sebuah film yang berjudul
Kinky Boots. Setelah film berakhir, Bu Dina meminta mahasiswa untuk menganalisa
film tersebut secara berkelompok, dan meminta mahasiswa untuk menposting hasil
diskusi dan analisa kelompok kedalam blog masing-masing anggota kelompok. Kelompok diwajibkan untuk
mendiskusikan dan menganalisa berdasarkan teori yang ada dalam mata kuliah
Psikologi Belajar semester 5 ini
Dalam hal ini, Bu Dina mengasah proses berpikir dan menganalisa mahasiswa.
·
Pembelajaran
berdasarkan Teori Skinner
Pada
minggu itu, Bu Dina membagikan beberapa potong kertas sertifikat kepada semua
mahasiswa dan meminta mahasiswa untuk membuat sebuah produk dari bahan-bahan
yang telah diberikan. Setelah itu, Bu Dina membagikan sebuah kertas HVS kosong
dan meminta mahasiswa untuk mengaitkan proses belajar tersebut dengan teori
Skinner. Dalam hal ini, Bu Dina melatih kreativitas mahasiswanya.
·
Praktek
Strategi Belajar
Sebelumnya,
mahasiswa telah diminta untuk membuat dan memposting strategi belajar yang
dapat digunakan didalam kelas. Setelah mid test, mahasiswa bersama kelompoknya
secara acak melalui pengundian, akan maju dan mempraktekkan strategi belajar
yang telah dibuat. Praktek sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran
·
Kesan
terhadap Tugas Blog
Tugas blog adalah tugas yang diturunkan turun
temurun dari mata kuliah sebelum-sebelumnya, yaitu mata kuliah Psikologi
Pendidikan dan Paedagogi. Bagi mahasiswa Psikologi USU, memposting dan
mengutak-atik blog bukanlah hal yang asing. Keuntungannya tentu saja memberi
warna baru bagi kemajuan Fakultas Psikologi, Go Green karena kita tidak perlu menggunakan kertas untuk
mengumpulkan tugas, dan banyak keuntungan lain. Namun, akhir-akhir ini saya
memiliki complain terhadap penulisan
blog yang terkadang kacau balau. Beberapa tulisan terkadang terlalu maju atau
terlalu mundur, padahal pada kolom pengeditan semua telah tersusun rapi. Hal
ini membuat kita harus mengetik dan mengedit hingga berkali-kali, karena saat
diedit dan tampilan posting berbeda.
2 komentar:
Uraiannya baik Ocha, tata letaknya dan tata tulisnya juga terjaga...
jika ada waktu, dengan mempertajam analisis; tentu hasilnya akan lebih maksimal. :)
Ia Bu.
nanti saya buat yang perbaikannya.
makasih Bu
Posting Komentar