Sabtu, 29 Januari 2011

Psikologi Pendidikan

Psikologi pendidikan adalah cabang ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan.
Menurut Arthur S. Reber (Syah, 1997 / hal. 12)
Psikologi pendidikan adalah sebuah subdisiplin ilmu psikologi yang berkaitan dengan teori dan masalah kependidikan yang berguna dalam hal-hal sebagai berikut :
a. Penerapan prinsip-prinsip belajar dalam kelas
b. Pengembangan dan pembaharuan kurikulum
c. Ujian dan evaluasi bakat dan kemampuan
d. Sosialisasi proses-proses dan interaksi proses-proses tersebut dengan pendayagunaan ranah kognitif
e. Penyenggaraan pendidikan keguruan


  • Objek psikologi pendidikan adalah tingkah laku anak didik dalam situasi pendidikan.
  • Tujuan psikologi pendidikan adalah mengkaji asas-asas dan pokok-pokok dalam prinsip-prinsip tingkah laku anak didik untuk dapat diterapkan dalam lapangan pendidikan.
  • Fungsi psikologi pendidikan membantu proses pendidikan, membantu para pendidik agar dalam menentukan tugas mendidiknya dapat dilakukan dengan cara yang lebih baik karena dibantu dengan pengetahuan tentang tingkah laku anak didik, yaitu psikologi pendidikan 
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © Ocha's Blog