Minggu, 17 Juni 2012

UAS PAEDAGOGI TA 2011-2012

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

6 komentar:

psipddk3sks mengatakan...

1. Coba baca buku referensi halaman 103 paragraf 2. Ada pernyataan bahwa 'kekuatan paedagogi ilmiah adalah membuat pembelajaran semakin praktis dilihat dari prima konsep teoritis'. Silahkan beri argumentasi anda tentang hal di atas berkaitan dengan fenomena micro teacning yang anda lakukan.

10010 Rosa Mentari Putri mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
10010 Rosa Mentari Putri mengatakan...

‘Bagi guru, kekuatan paedagogi ilmiah adalah membuat pembelajaran semakin praktis dilihat dari prisma konsep teoritis’. Hal ini menunjukkan bahwa, ketika banyak bermunculan penelitian baru dan teori paedagogi baru, maka akan semakin maju dan baik untuk perkembangan paedagogi ilmiah itu sendiri.

Namun, kekuatan paedagogi ilmiah ini dapat membuat pembelajaran semakin praktis, yaitu ketika paedagogi yang abstrak itu harus mampu menjelmakan sesuatu menjadi sesuatu yang konkret, dapat membuat dan mengembangkan teori ini menjadi lebih praktis dan dapat dilakukan. Jadi, kekuatan paedagogi ini berarti paedagogi tidak sekadar harus dipahami, melainkan juga bagaimana cara mengaplikasikannya.

Dalam micro teaching, kekuatan paedagogi ilmiah terlihat ketika kita mampu mengaplikasikan teori kedalam hal yang lebih praktis dan dapat dilakukan dan diajarkan secara lebih nyata. Teori tentunya tetap menjadi pemimpin dalam hal ini, ketika kita telah memegang landasan teori dan persiapan. Namun, dengan adanya paedagogi ilmiah, penelitian-penelitian yang ada, dan pengalaman praktis guru itu sendiri, akan menjadikan kegiatan belajar-mengajar menjadi maksimal.

psipddk3sks mengatakan...

2. Berkaitan dengan uraian anda; Dalam micro teaching, kekuatan paedagogi ilmiah terlihat ketika kita mampu mengaplikasikan teori kedalam hal yang lebih praktis dan dapat dilakukan dan diajarkan secara lebih nyata; coba uraikan lebih detil bagian dari micro teaching tersebut mengacu pada paedagogi ilmiah, dan terlihat praktisnya menjadi seperti apa.

10010 Rosa Mentari Putri mengatakan...

paedagogi ilmiah mencakup hasil pnelitian dari lembaga maupun perorangan, dan juga pengalaman praktis seorang guru. jadi, ketika kita telah turun langsung ke lapangan untuk melakukan proses mengajar, kita telah menggenggam dan mempelajari teori, melihat hasil penelitian yang berkaitan, dapat menjadikan proses belajar itu berjalan dengan baik.

terlihat praktis ketika kita dapat melakukan apa yang dikatakan oleh teori. misalnya, kita ingin meningkatkan kreativitas anak. jadi, sebelum melakukannya secara praktis, kita dapat melihat teori, kita juga dapat melihat hasil-hasil penelitian yang memang telah dilakukan secara praktis, dan pengalaman orang lain. sehingga keseluruhan ini dapat menjadi pegangan kita, dan kita dapat melakukan improvisasi sehingga akan lebih baik lagi.

10010 Rosa Mentari Putri mengatakan...

kami sudah cukup berusaha untuk menghadirkan 3 poin diatas dalam micro teaching. sebelumnya, kelompok kami mengajarkan tentang bahasa inggris kepada anak-anak. yang pertama, mendorong. kelompok berusaha untuk bertanya, apakah anak-anak menyukai bahasa inggris? ternyata subjek banyak yang menjawab ia. kami juga berusaha mengkomunikasikan kepada anak bahwa bahasa inggris sangat penting dan dibutuhkan. kami juga mendorong anak-anak agar semakin tertarik belajar dengan melakukan perkenalan menggunakan bahasa inggris dasar dan juga menanyakan cita-cita mereka.

setelah mereka terdorong untuk belajar, kami mencoba memfasilitasi anak dengan menunjukkan beberapa gambar yang berisi jenis-jenis pekerjaan. hal ini kami lakukan untuk menarik perhatian anak agar lebih bersemangat dalam belajar.

setelah itu, kami merangsang anak dengan melakukan sesi pertanyaan seputar bahan yang telah diajarkan, yaitu menyebutkan beberapa pekerjaan dan spelling dalam bahasa inggris. tidak hanya itu, agar mereka makin terangsang untuk lebih aktif belajar, kami memberikan kertas yang telah kami bentuk menjadi sebuah bintang, sebagai reward bagi yang bisa menjawab. selain itu, kami memberi kesempatan bagi anak untuk melakukan conversation di depan kelas agar mereka menjadi lebih aktif dan mendapatkan beberapa vocab baru yang tentunya menambah pengetahuan mereka, dan juga agar suasana belajar semakin menyenangkan.

Posting Komentar

 
Copyright © Ocha's Blog