Sabtu, 15 September 2012

Analisis Pengalaman Pribadi berdasarkan Teori Belajar Robert Gagne



Pengalaman yang akan saya bahas yaitu ketika saya mempelajari tarian tradisional. Sejak saya duduk dibangku sekolah dasar, saya telah bergabung dengan salah satu sanggar tari tradisional. Ketika itu, walaupun saya adalah anak perempuan satu-satunya dan memiliki 3 orang saudara laki-laki, namun saya tumbuh menjadi gadis kecil yang imut-imut dan manis. Hehe. Saya mendapatkan pelajaran mengenai gerakan-gerakan dasar dalam menari tradisional. Hingga akhirnya, saya dan teman-teman lain diajarkan satu tarian, yaitu tari Tanggai. Dalam teori Gagne, terdapat konsep kondisi belajar internal dan eksternal. Kondisi internal terjadi ketika terdapat dorongan dalam diri saya untuk memperhatikan dan mengamati guru saya menari. 
Selain itu, kondisi eksternal juga berperan disini. Dimana, saya tidak hanya mempelajari gerakan ini sendiri, namun dibantu atau distimuli oleh lingkungan, dalam hal ini guru saya ikut mengajari, mempraktekkan, membenarkan gerakan saya yang salah, dan memberi contoh gerakan tarian yang benar, halus, dan lebih lembut agar tercipta gerakan tarian yang indah.
Gagne juga menjelaskan bahwa terdapat 5 kategori belajar, yaitu informasi verbal, keterampilan intelektual, sikap, strategi kognitif, dan keterampilan motorik. Pengalaman saya dalam mempelajari gerakan tarian Tanggai mencakup kategori belajar sikap, dimana terdapat motivasi dari dalam diri bahwa saya ingin mempelajari gerakan tarian Tanggai. Selain itu juga kategori belajar motorik, dimana terjadi ketika saya meniru dan mengulangi gerakan tarian Tanggai yang telah saya amati dan pelajari. Lalu strategi kognitif, dimana saya mencoba mencerna dan mengingat gerakan-gerakan tarian tersebut.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

psipddk3sks mengatakan...

Ocha..seharusnya ini menjadi 2 posting... karena akan ada 2 nilai (individu dan kelompok). Berniat memaksimalkannya ?

10010 Rosa Mentari Putri mengatakan...

maaf Bu.
saya akan memperbaikinya :)

Posting Komentar

 
Copyright © Ocha's Blog