Kamis, 20 Desember 2012

Ujian Akhir Semeter

            Selama menjalani mata kuliah Psikologi Belajar, terjadi banyak proses pembelajaran. Proses pembelajaran ini juga tidak hanya dapat terjadi didalam kelas, namun juga diluar kelas, yaitu melalui pemberian tugas kepada mahasiswa. Tugas yang diberikan juga bervariasi dan tidak menoton. Blog yang telah dari turun temurun dilakukan, tetap dilakukan, melihat tugas posting blog ini cukup efektif dilaksanakan oleh mahasiswa. Selain itu, tugas praktek dan lapangan makin banyak dilakukan. Misalnya, observasi yang dilakukan ke sekolah, juga sangat baik dilakukan. Apalagi, Bu Dina turun langsung kelapangan untuk memilih sekolah, dan mempermudah mahasiswa sehingga tidak perlu mencari sekolah dan harus berjuang meminta ijin untuk ke sekolah. Untuk tugas UAS ini, saya memilih untuk membahas tentang dinamika pembelajaran dalam mata kuliah Psikologi Belajar. Dinamika ini dirangkum dalam beberapa poin, yaitu :
·         Tugas yang diberikan harus diposting dalam blog mahasiswa
·         Kegiatan belajar-mengajar didalam kelas
·         Pembelajaran yang dilakukan melalui blog

Berikut penjelasan dan uraian lebih lanjut mengenai masing-masing poin. Hal ini akan dirangkum dan dikaitkan dengan beberapa teori belajar.

·         Tugas Posting Blog Masing-Masing Mahasiswa

·         Mind Map
Diawal minggu mulainya pembelajaran Psikologi Belajar, Bu Dina memberikan tugas kepada mahasiswa untuk membuat mind map mengenai tokoh-tokoh yang akan dipelajari selama mata kuliah semester 5 ini, beserta pengelompokannya kedalam masing-masing aliran psikologi. Hal ini dapat sangat membantu mahasiswa untuk mengetahui tentang hal-hal apa saja yang akan ia pelajari selama 1 semester ini. Sehingga, mahasiswa tidak benar-benar buta terhadap apa yang akan ia pelajari didepan, dan telah mengantongi garis besar dari apa yang akan ia pelajari. Sesuai dengan perspektif kognitif, bahwa pemetaan dan ringkasan yang dibuat akan sangat membantu dalam proses pengkodean dan penyimpanan dalam memori, serta mempermudah ketika informasi tersebut di-recall.

·         Analisa Film
Bu Dina memberitahukan bahwa mahasiswa akan menonton sebuah film yang tentunya akan ada hubungannya dengan salah satu teori yang dipelajari di mata kuliah Psikologi Belajar. Bu Dina tidak hanya menyuruh mahasiswa menonton begitu saja, namun mahasiswa diwajibkan untuk menganalisa mengenai film berdasarkan teori yang ada sebagai tugas mingguan secara berkelompok yang akan diposting didalam blog masing-masing anggota kelompok. Hal ini berguna untuk melatih kemampuan analisa mahasiswa. Hal ini juga berkaitan dengan teori Gagne dimana pemrosesan informasi didapat juga dari pemberian tugas pada mahasiswa. Selain itu, dengan cara mengajak mahasiswa untuk bersama-sama menonton film, membuat image tugas menjadi berubah. Awalnya, tugas dianggap sesuatu yang susah, harus merenung didalam kamar dan berpikir keras, dan harus membolak-balik buku. Namun, sesuai dengan teori motivasi, menonton dapat meningkatan motivasi mahasiswa untuk lebih bersemangat dan tidak terpaksa dalam mengerjakan tugas. Apalagi, mahasiswa jaman sekarang yang rata-rata suka menonton film. Jadi, tugas ini adalah ide brilian untuk diberikan pada mahasiswa.

·         Analisa Pengalaman Pribadi
Bu Dina beberapa kali menyuruh mahasiswa untuk menganalisa pengalaman pribadinya berdasarkan teori yang dipelajari di mata kuliah Psikologi Belajar, yaitu Skinner dan Gagne. Menganalisa pengalaman sendiri dapat memberikan kebebasan bagi mahasiswa untuk memilih pengalamannya sendiri dan juga meningkatkan keinginan mahasiswa untuk mengerjakan tugas. Dengan menggunakan pengalaman pribadi, mahasiswa akan lebih mudah untuk menganalisa, dibanding dengan suatu kasus yang telah ditentukan. Hal ini sesuai dengan teori Vygotsky bahwa kognitif akan berkembang dengan adanya stimuli yang ada atau diciptakan. Dalam hal ini, mahasiswa secara bebas memilih pengalaman mana yang disukainya dan sekaligus dapat melatih fungsi kognitifnya.

·         Mencari dan Membahas Jurnal
Tugas posting blog selanjutnya adalah mahasiswa diminta untuk mencari sebuah jurnal secara online dan merangkum dan membahas jurnal tersebut. Disini, mahasiswa akan merangkum poin-poin penting yang ada didalam jurnal tersebut dan mempostingnya kedalam masing-masing blog mahasiswa. Hal ini berguna untuk membuka wawasan mahasiswa terhadap permasalahan-permasalahan yang ada. Selain itu membuat mahasiswa tidak canggung lagi membaca jurnal secara online. Berdasarkan teori Piaget, bahwa struktur berpikir individu berawal dari skema tindakan, lalu operasional konkrit, dan operasional formal. Dalam tugas ini, individu menggerakkan pemikiran konkritnya, dimana mencari jurnal, membandingkan 1 jurnal dengan jurnal lain agar diketahui mana yang lebih menarik untuk dibahas. Lalu, pemikiran formal mahasiswa digunakan ketika membahas dan menganalisa jurnal yang ada.

·         Membuat Strategi Pembelajaran didalam Kelas
Untuk tugas sebelum UTS, Bu Dina meminta mahasiswa untuk membuat strategi yang dapat digunakan kedalam proses pembelajaran. Tugas ini dibuat secara berkelompok dan akan diposting kedalam masing-masing anggota kelompok. Sebelumnya, Bu Dina juga memberi tahu bahwa strategi pembelajaran yang telah dibuat akan dipraktekkan anggota kelompok langsung didalam kelas Psikologi Belajar. Hal ini dilakukan agar mahasiswa tidak hanya mengetahui tentang teori saja, namun dapat menerapkannya dalam kegiatan pembelajaran.

·         Analisa Permasalahan berdasarkan Teori
Bu Dina meminta mahasiswa menganalisis kejadian dimana mahasiswa tidak banyak memberikan tanggapannya seputar dengan posting yang dibuat oleh Bu Dina. Mahasiswa juga tidak hanya menganalisa sembarangan, namun juga tetap dihubungkan dengan 3 teori Psikologi Belajar, yaitu Gagne, Piaget, dan Bandura. Hal ini membantu mahasiswa untuk menganalisa apa yang menyebabkan ini terjadi dan dapat menghubungkannya dengan teori, selain itu juga tugas ini tidak hanya mengajarkan mahasiswa secara teori, namun dapat menjadi sebuah teguran agar mahasiswa menginstropeksi diri masing-masing untuk kedepannya menjadi lebih baik lagi.

·         Kegiatan Observasi ke Sekolah
Tugas terakhir yang kami posting kedalam blog adalah tugas observasi. Bu Dina meminta mahasiswa untuk datang kesekolah yang telah ditentukan oleh Bu Dina dan mengobservasi mengenai suasana dan kegiatan belajar-mengajar yang ada disekolah tersebut. Sebelumnya Bu Dina juga mewanti-wanti mahasiswa untuk telah menguasai teori belajar Gagne, dan meminta mahasiswa untuk berpegangan pada 2 tabel yang ada didalam bab tersebut. 1 tabel digunakan selama proses mahasiswa mengobservasi, 1 tabel lainnya digunakan mahasiswa dalam menganalisa hasil observasinya. Hal ini sesuai dengan teori Gagne, dimana mahasiswa diberi instruksi untuk mengerjakan suatu tugas dan berpegang pada teori atau pengetahuan yang ada.

·         Kegiatan Belajar-Mengajar didalam Kelas
Selain memberikan ceramah, Bu Dina juga sering mengajar mahasiswa untuk berdiskusi dan bersama-sama menganalisa tentang teori belajar yang dipelajari dimingu tersebut. Tak jarang, Bu Dina mempraktekkan teori yang ada, yang tentunya melibatkan mahasiswa didalamnya. Berikut beberapa praktek yang dilakukan mahasiswa selama kegiatan berlangsung didalam kelas :

·         Menonton Film
Pada minggu sebelumnya, Bu Dina memberitahukan mahasiswa bahwa untuk kegiatan pembelajaran diminggu depan, mahasiswa akan menonton sebuah film yang berjudul Kinky Boots. Setelah film berakhir, Bu Dina meminta mahasiswa untuk menganalisa film tersebut secara berkelompok, dan meminta mahasiswa untuk menposting hasil diskusi dan analisa kelompok kedalam blog masing-masing anggota kelompok. Dalam hal ini, Bu Dina mengasah proses berpikir dan menganalisa mahasiswa. Gagne berpendapat bahwa asumsinya tentang pertumbuhan dan perkembangan dapat didapat darimana saja, termasuk film. Tentunya film yang dipilih Bu Dina memiliki maksud dan kaitannya dengan teori belajar.

·         Pembelajaran berdasarkan Teori Skinner
Pada minggu itu, Bu Dina membagikan beberapa potong kertas sertifikat kepada semua mahasiswa dan meminta mahasiswa untuk membuat sebuah produk dari bahan-bahan yang telah diberikan. Setelah itu, Bu Dina membagikan sebuah kertas HVS kosong dan meminta mahasiswa untuk mengaitkan proses belajar tersebut dengan teori Skinner. Pada akhir pelajaran, produk yang terbaik diberi reward oleh Bu Dina. Tentunya, dalam hal ini Bu Dina melatih kreativitas mahasiswa dan tindakan kreativitas ini makin diperkuat dengan adanya reward yang diberikan sehingg bagi yang mendapatkan reward akan lebih termotivasi untuk lebih mengasah kreativitasnya, dan bagi yang tidak, akan melihat temannya yang mendapat reward dan berusaha untuk meningkatkan kreativitasnya dimasa yang akan datang.

·         Praktek Strategi Belajar
Sebelumnya, mahasiswa telah diminta untuk membuat dan memposting strategi belajar yang dapat digunakan didalam kelas. Setelah mid test, mahasiswa bersama kelompoknya secara acak melalui pengundian, akan maju dan mempraktekkan strategi belajar yang telah dibuat. Praktek sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Disini, kemampuan mengobservasi dan kepekaan terhadap lingkungan sekitar. Hal ini sangat berguna bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuan secara teori dan lapangan.

·         Kesan terhadap Tugas Blog
Tugas blog adalah tugas yang diturunkan turun temurun dari mata kuliah sebelum-sebelumnya, yaitu mata kuliah Psikologi Pendidikan dan Paedagogi. Bagi mahasiswa Psikologi USU, memposting dan mengutak-atik blog bukanlah hal yang asing. Keuntungannya tentu saja memberi warna baru bagi kemajuan Fakultas Psikologi, Go Green karena kita tidak perlu menggunakan kertas untuk mengumpulkan tugas, dan banyak keuntungan lain. Namun, akhir-akhir ini saya memiliki complain terhadap penulisan blog yang terkadang kacau balau. Beberapa tulisan terkadang terlalu maju atau terlalu mundur, padahal pada kolom pengeditan semua telah tersusun rapi. Hal ini membuat kita harus mengetik dan mengedit hingga berkali-kali, karena saat diedit dan tampilan posting berbeda.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

psipddk3sks mengatakan...

nyaris sempurna Ocha...
namun saya sangat terganggu dengan tata tulis yang tidak pada tempatnya (bagaimana penulisan awalan dan bagaimana penulisan kata depan). Kesempatan yang akan datang lebih cermat ya :)

10010 Rosa Mentari Putri mengatakan...

Terima kasih Bu :)
Nanti saya perbaiki tata tulisnya

Posting Komentar

 
Copyright © Ocha's Blog