Ketika
Bu Dina masuk, kami langsung disuruh untuk duduk berjauhan dan dibagi kedalam 2
kelompok, A dan B. Bu Dina membagikan pada kami 2 sertifikat dan selembar
kertas HVS kosong. Bu Dina menginstruksikan untuk membuat produk dari ketiga
hal ini. Bu Dini juga berjanji akan memberikan hadiah pada 3 terbaik di
kelompok A dan 3 terbaik di kelompok B.
Awalnya
saya belum mengerti instruksi dari Bu Dina. Namun, ketika perhatian saya
tertuju pada sertifikat yang dibagikan. Karena minggu ini kami belajar tentang
teori Skinner, maka yang terlintas pertama kali dalam pikiran saya adalah
menghubungkan sertifikat ini dengan teori reinforcement Skinner. Setelah itu
kami diminta untuk menilai hasil kerja teman kami. Ternyata banyak yang membuat
produk-produk ataupun uraian mengenai tema sertifikat. Barulah sadar, kalau
yang saya buat tadi sangat tidak kreatif. Haha. Jika saya mengetahui dan sadar
akan instruksi tadi, pasti saya akan membuat yang lebih baik. Haha.
Jika
dihubungkan dengan teori Skinner. Usaha Bu Dina untuk memberikan reward kepada
teman-teman yang memiliki produk terbaik dan hal itu dilakukan didepan kelas
dan disaksikan oleh teman-teman, menjadi reinforcement positif bagi orang yang
menerimanya. Dimana, reinforcement itu dilakukan agar memunculkan perilaku yang
diinginkan. Dalam hal ini, perilaku yang diharapkan adalah terus menggali
kreativitas dan berpikir kritis.
2 komentar:
Don't worry Ocha :)
proses itu menarik, apa lagi kita bisa menghayati dan menyadari hikmahnya..:)
next time better..
ia Bu.
must be better :)
Posting Komentar