Selasa, 26 April 2011

Perbedaan antara Psikologi Pendidikan dan Psikologi Sekolah


Pengertian Psikologi Pendidikan dan Psikologi Sekolah

Psikologi Pendidikan adalah ilmu yang mempelajari bagaimana manusia belajar dalam pendidikan pengaturan, efektivitas intervensi pendidikan, psikologi pengajaran, dan psikologi sosial dari sekolah sebagai organisasi. Psikologi Pendidikan adalah perkembangan dari psikologi perkembangan dan psikologi sosial, sehingga hampir sebagian besar teori-teori dalam psikologi perkembangan dan psikologi sosial digunakan di psikologi pendidikan.
Psikologi Sekolah adalah cabang ilmu Psikologi yang meliputi masalah pendidikan tapi dalam ruang lingkup yang lebih sempit yaitu sekolah. Psikolog sekolah berperan dalam membantu anak-anak maupun generasi muda dalam mencapai kesuksesan akademis, sosial, perilaku dan emosi mereka di lingkugan sekolah yang berguna untuk membentuk mind set anak didik mereka.

Perbedaan antara Psikologi Pendidikan dan Psikologi Sekolah
·         Ruang Lingkup
Psikologi pendidikan lebih luas ketimbang psikologi sekolah. Hal ini dikarenakan psikologi sekolah sendiri merupakan bagian dari psikologi pendidikan. Psikologi pendidikan bergerak pada teori belajar, metode pengajaran, motivasi, kognitif, emosional, dan perkembangan moral serta hubungan orangtua anak. Psikologi pendidikan menangani anak dari masa prasekolah hingga perguruan tinggi.
            Psikologi sekolah menangani pengaturan kurikulum yang akan dipakai di sekolah, menejemen kelas yang baik, serta proses belajar mengajar yang dapat diterpakan agar anak dapat menerima pelajaran dengan baik.

·         Peran dan Tugas
Psikolog pendidikan mempunyai peran dalam pembentukan kurikulum pembelajaran disekolah. Selain itu, psikolog pendidikan dapat mengembangkan program yang dapat membantu perkembangan pendidikan secara menyeluruh.
Psikolog sekolah mempunyai peran untuk memberikan nasehat mengenai masalah yang ada di dalam sekolah. Selain itu, psikolog sekolah berperan dalam pembinaan murid dan guru. Pengembangan kognitif, kreatif, etik, dan kemampuan siswa dalam ruang lingkup sekolah dapat menjadi peranan psikolog sekolah. Segala hal yang berhubungan dengan pengembangan lingkungan sekolah dapat menjadi peran seorang psikolog sekolah.


DAFTAR PUSTAKA :
Santrock, John W. 2010. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta : Kencana
Sukadji, Soetarlinah. 2000. Psikologi Pendidikan dan Psikologi Sekolah. Depok : Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (L.P.S.P3) Fakultas Psikologi Universitas Indonesia
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © Ocha's Blog