Rabu, 10 Oktober 2012

Evaluasi Pembelajaran dengan Teori Skinner


            Ketika Bu Dina masuk, kami langsung disuruh untuk duduk berjauhan dan dibagi kedalam 2 kelompok, A dan B. Bu Dina membagikan pada kami 2 sertifikat dan selembar kertas HVS kosong. Bu Dina menginstruksikan untuk membuat produk dari ketiga hal ini. Bu Dini juga berjanji akan memberikan hadiah pada 3 terbaik di kelompok A dan 3 terbaik di kelompok B.

            Awalnya saya belum mengerti instruksi dari Bu Dina. Namun, ketika perhatian saya tertuju pada sertifikat yang dibagikan. Karena minggu ini kami belajar tentang teori Skinner, maka yang terlintas pertama kali dalam pikiran saya adalah menghubungkan sertifikat ini dengan teori reinforcement Skinner. Setelah itu kami diminta untuk menilai hasil kerja teman kami. Ternyata banyak yang membuat produk-produk ataupun uraian mengenai tema sertifikat. Barulah sadar, kalau yang saya buat tadi sangat tidak kreatif. Haha. Jika saya mengetahui dan sadar akan instruksi tadi, pasti saya akan membuat yang lebih baik. Haha.

            Jika dihubungkan dengan teori Skinner. Usaha Bu Dina untuk memberikan reward kepada teman-teman yang memiliki produk terbaik dan hal itu dilakukan didepan kelas dan disaksikan oleh teman-teman, menjadi reinforcement positif bagi orang yang menerimanya. Dimana, reinforcement itu dilakukan agar memunculkan perilaku yang diinginkan. Dalam hal ini, perilaku yang diharapkan adalah terus menggali kreativitas dan berpikir kritis.




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

psipddk3sks mengatakan...

Don't worry Ocha :)
proses itu menarik, apa lagi kita bisa menghayati dan menyadari hikmahnya..:)

next time better..

10010 Rosa Mentari Putri mengatakan...

ia Bu.
must be better :)

Posting Komentar

 
Copyright © Ocha's Blog